Blog Tentang Jenis Obat Herbal. Tanaman Obat, Obat Herbal, Penyembuahan dengan Herbal, Penanganan Penyakit dengan Obat Herbal

Kamis, 24 November 2016

Daun Walang Sebagai Obat Tradisional dan Umpan Mancing Yang jitu

Daun Walang Sebagai Obat Tradisional

Bagi dunia pemancing daun walang (sunda) mugkin tidak akan asing lagi, sebagai salah satu  bahan campuran essen yang di campur kedalam baskom berisi lumut sawah kemudian didiamkan ,sehingga umpan lumut tersebut mempunyai aroma yang khas, yang merupakan salah satu umpan jitu khusus ikan Nila.Tapi tahukah pembaca ,bahwa manfaat Daun walang selain sebagai umpan jitu tersebut mepunyai manfaat lain untuk kesehatan maupun manfaat sebagai resep makanan.Daun walang adalah merupakan tumbuhan terna dengan tinggi rata-rata bisa mencapai 1,5 cm. Baunya yang mirip dengan binatang  Walang Sangit apabila diremas baunya sangat menusuk hidung dan kuat sekali apalagi  menempel di telapak tangan akan lama hilangnya..

Daun Walang Sebagai Obat Tradisional
Daun Walang Sebagai Obat Tradisional

Dari pengamatan, daun walang mempunyai struktur  dan ciri- ciri Perennial, 1,5-2 m, dengan rimpang ramping dan sistem akar. Daun distichous; tangkai daun panjang sekitar 1 cm; lanset pisau, 30-50 cm x 5-6 cm, gundul. Perbungaan kepala-seperti, bulat telur-silinder, 5-7 cm x 2-3 cm; gagang bunga bawah tanah, panjang sampai 8 cm, ditutupi dengan sisik panjang 5 cm; bracts sempit lanset, yang luar hingga 8 cm x 1 cm, yang batang lebih kecil; tubular bracteole, sangat tipis, panjang 5 cm; kelopak tubular, panjang 7 cm, 3-dentate; corolla tubular, dengan 3 lobus merah; labellum kuning, 5 cm; filamen pendek, anter sekitar 1 cm; gaya lama 5-6 cm, stigma samar 2-bertanduk. Buah yang tidak diketahui. mempuanyai manfaat sebagai :

1.Obat Bau Badan

Dalam Batang daun walang mengandung 96% Aldehida minyak Astiri yang dapat digunakan sebagai obat.Sebagai obat tradisional daun walang dapat digunakan sebagai obat menghilangkan aroma bau badan yaitu dengan cara : Bahan daun Walang disrebus dengan Air 6 gelas , kemudian disisakan sehingga menjadi 3 gelas, lalu diminum airnya selama  3 kali sehari. Maka dengan 3 kali minum saja bau badan anda akan hilang.
sumber : informasi obat herbal

Bau badan kadang-kadang tidak pernah disadari karena kita tidak merasakan bau badan, padahal orang lain telah terngganggu oleh badan kita.

2.Sebagai Bahan Resep Makanan

Daun walang merupakan salah satu bahan rempah-rempah yang digunakan makanan khas salah satunya dari Banten yang di sebut " Angeun Lada "  merupakan makan yang mempunyai campuran daun walang sebagai tambahan bumbu yang beraroma khas dan kuat. Anda penasaran? silakan mencoba membuat masakan ala Banten tersebut.

Baca juga : 

Khasiat dan Klasifikasi Daun Mangkokan bagi Kesehatan

Umpan Ikan Nila Pakai Lumut dan Daun Walang.

Pada dasarnya ikan nila cukup mudah dipancing karena tergolong rakus, dengan umpan pelet biasa juga bisa. namun kelemahan pelet adalah banyak ikan kecil yang makan, dan susah dapat ikan besar. Untuk mangatasi hal tersebut ada beberapa ramuan umpan yang cukup mudah dipakai dan tidak perlu biaya karena dapat dengan mudah didapatkan.  
Bahan 
1. Lumut
2.  Daun Walang Sangit/Daun Pandan

Lumut yang dipakai untuk umpan ikan nila banyak tumbuh di sawah yang airnya tergenang.
Adapun lumut untuk umpan memancing ikan Nila adalah :

1. lumut yang diambil harus berwarna hijau segar dan tidak berlendir
2. Pilih Lumut degan tekstur lembut 
3. Ambil lumut yang panjang,  supaya tidak putus saat dipakai memancing

Cara :
1. Bersihkanlumut dari kotoran dengan air bersih.
2. Setelah bersih taruh dalam wadah lalu tambahkan air garam secukupnya diamkan beberapa lama.
3. Buang air garam tadi, kemudian tambahkan air bersih.
4. Tambah bubuk panili dan daun walang sangit atau dengan daun pandan wangi.
5. Umpan siap digunakan. Selamat mencoba.

Daun walang atau daun walang sangit ini daunnya jika diremas akan berbau seperti walang sangit. daun walang sangit banyak dijumpai di dekat sawat atau tegalan disekitar rumah. 

Pembaca yang budiman itulah informasi lain mengenai Daun Walang Sebagai Obat Tradisional dan Umpan Mancing Yang jitu yang bisa dimanfaatkan Selain sebagai pengobatan dan Bumbu Bisa juga sebagai Bahan Umpan untuk Mancing, Semoga Bermanfaat

>

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Daun Walang Sebagai Obat Tradisional dan Umpan Mancing Yang jitu

0 komentar:

Posting Komentar