Blog Tentang Jenis Obat Herbal. Tanaman Obat, Obat Herbal, Penyembuahan dengan Herbal, Penanganan Penyakit dengan Obat Herbal

Kamis, 24 November 2016

Infeksi Saluran Kemih dan Pengobatannya Secara Tradisional

HEALTHY'S DIARY - Infeksi saluran kemih pada umumnya dialami oleh wanita. Alasannya adalah letak uretra dan anus yang sangat dekat. Saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih artinya ada jamur, bakteri, atau virus yang menyerang saluran ini. Sedangkan imunitas tubuh tidak mampu lagi untuk melawan kuman. Penyakit ini harus diobati dengan tepat, untuk mencegah masalah kesehatan yang lebih serius. Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh, salah tugasnya termasuk mengeluarkan toksin dan zat berbahaya dari darah lewat urine. Jika infeksi saluran kemih tidak segera diobati dengan cepat, maka berisiko terkena penyakit ginjal. Bahkan, pada sebagian kasus dapat menyebabkan gagal ginjal. Nah, sangat mengerikan bukan? Jadi, gangguan ini harus ditangani dengan benar, dengan pengobatan medis ataupun cara tradisional. 

Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih

Penyebab infeksi saluran kemih : 


  • Staphylococcus saprophyticus. 
  • Bakteri E. coli. 
  • Penyakit kencing manis (Diabetes mellitus). 
  • Proteus mirabilis. 
  • Bakteri yang biasanya menyerang saluran cerna. 
  • Jamur Candida albicans. 
  • Imunitas tubuh yang rendah. 
  • Penggunaan obat antibiotik secara terus-menerus. 

Gejala infeksi saluran kemih 

Penyakit ini sering ditandai dengan beberapa gejala seperti sakit punggung, sakit pinggang, mual, rasa terbakar saat berkemih, diare, demam tinggi, kencing terlalu sering, kelelahan, bengkak pada bagian tubuh, dsb. 

Simak juga:
Mengobati Beri-beri Secara Alami dan Tradisional
Demam Kuning Serta Cara Mencegah dan Mengatasinya

11 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional

Ada beberapa bahan alami yang diyakini mampu untuk mengatasi penyakit ini. Berikut cara mengobati penyakit ISK: 
1. Bawang putih Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, anti-jamur, dan anti-radang. Selain itu, bawang putih juga kaya akan antioksidan yang menangkal berbagai jenis penyakit. Untuk mengobati infeksi ginjal, makan 3 siung bawang putih yang masih mentah dengan rutin setiap hari. 

2. Teh jahe Jahe mengandung gingerol yang bersifat antibakteri yang kuat, sehingga mampu melawan aktivitas bakteri dalam ginjal. Wedang jahe sangat membantu untuk mengobati infeksi saluran kemih. Cukup minum wedang jahe hangat dengan rutin, di pagi dan malam hari. 

3. Kunyit Infeksi saluran kemih dapat diobati secara alamiah dengan menggunakan kunyit. Rempah ini mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti jamur, anti-inflamasi, dan anti-bakterial. Ketiga sifat zat ini berperan untuk menghambat perkembangan seluruh jenis mikroba, sehingga kunyit efektif dalam mengobati infeksi saluran kemih. Caranya, minum susu yang dicampur dengan bubuk kunyit. 

4. Daun kumis kucing Untuk mengobati infeksi saluran kemih secara tradisional, anda dapat menggunakan daun kumis kucing. Caranya, rebus 10 lembar daun kumis kucing bersama air secukupnya. Biarkan air mendidih selama beberapa menit, kemudian angkat. Minum airnya selagi hangat, dua kali dalam sehari masing-masing ½ gelas. 

5. Minuman yang mengandung probiotik Minuman probiotik kaya akan bakteri ramah yang baik untuk menjaga kesehatan usus, serta mencegah pembentukan batu ginjal. 

6. Jus Peterseli Peterseli merupakan sayur yang kaya akan sodium, potassium, riboflavin, tiamin, zat tembaga, vitamin A, B, dan C. Jus peterseli adalah solusi terbaik untuk membersihkan racun dalam ginjal. Rebus 10 lembar daun peterseli dengan air secukupnya hingga mendidih selama beberapa saat. Saring, dan minum airnya setelah dingin. Jus peterseli dapat menjadi obat rumahan yang efektif untuk mengatasi infeksi urin khususnya pada ginjal. 

7. Gel lidah buaya Cuci gel lidah buaya dengan air mengalir, haluskan bersama madu ke dalam blender berisi air matang. Lidah buaya mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Minum jus lidah buaya di pagi dan malam hari, untuk mengobati infeksi saluran kemih. 

8. Buah jeruk Vitamin C dalam buah jeruk sangat berlimpah, yang berguna untuk meningkatkan tingkat asam di ginjal. Hal ini penting untuk mengobati infeksi saluran kemih, karena bakteri akan sulit untuk tumbuh dan berkembang. Perbanyak konsumsi buah yang mengandung vitamin C setiap hari, terutama setelah sarapan di pagi hari. 

9. Cuka apel dan madu Kedua bahan alami ini efektif untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Cukup dengan mencampur sesendok makan cuka apel dengan dua sendok makan madu murni. Minum campuran ini untuk mengatasi infeksi saluran kencing, khususnya ginjal. 

10. Teh chamomile Anda dapat membuat minuman teh herbal seperti marshmallow, chamomile, atau goldenrod yang membantu dalam mengobati infeksi ginjal. Minum salah satu teh herbal ini di pagi dan sore hari. 

11. Buah cranberry Cranberry merupakan buah yang mampu menaikkan keasaman tubuh, sehingga berguna untuk menumpas pembiakan bakteri. Bagi penderita penyakit ini, jus cranberry sangat membantu untuk mempercepat penyembuhan. 

Nah, itulah Infeksi Saluran Kemih dan Pengobatannya Secara Tradisional. Untuk mencegah penyakit ini, anda harus minum air dalam jumlah cukup. Selain itu, jaga kebersihan organ tubuh terutama setelah kencing. Hindari mandi dengan bath tub, gunakan gayung atau siram tubuh anda dengan air yang keluar dari shower. Semoga tips di atas membantu anda dalam mengatasi gangguan kesehatan yang telah disebutkan.


>

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Infeksi Saluran Kemih dan Pengobatannya Secara Tradisional

0 komentar:

Posting Komentar